Bahaya Menghadap ke Komputer Selama 5 Jam

Kali ini gue akan berbagi info. Mungkin artikel ini udah banyak yang nyebarin atau mungkin udah banyak yang tau. Tapi tidak semua tau solusinya, jadi gue datang buat nylametin kalian semua .. 😀
Oke, gua kasih tau infonya dulu ..

Memang Komputer (PC) atau laptop salah satu gadget terkini yang menjadi pilihan manusia. Baik dalam kerja, tugas, desain, internetan atau main game. Akan tetapi menghadap ke komputer selama 5 jam atau lebih dalam sehari bikin orang cepat mati karena masalah jantung !

Katanya sih punca utamanya adalah posisi duduknya. Terutama duduk bersandar, yang merupakan posisi umum ketika sedang berkerja menghadap ke komputer, main game, atau nonton televisi. Nah ini ada kajiannya oleh Emmanuel Stamatakis dari University College London, Britain.

Beliau melakukan penelitian terhadap lebih daripada 4.500 orang responden yang berusia 35 tahun ke atas dan hasilnya diterbitkankan di Journal of the American College of Cardiology. Kajian ini menambah bukti-bukti yang terus terkumpul berkaitan risiko dan bahaya duduk dalam jangka masa yang lama.

“Orang yang menghabiskan waktu lebih daripada 4 jam berturut-turut sehari di depan komputer/televisyen memiliki peluang 125 peratus lebih tinggi mati akibat penyakit jantung berbanding dengan mereka yang hanya menghabiskan waktu kurang daripada 2 jam di depan komputer/televisyen,” kata Stamatakis, seperti yang disiarkan dalam Examiner, 20 April 2011.

Kajian juga mendapati posisi duduk menyebabkan penurunan 90 peratus lipoprotein lipase dan enzim jantung yang sihat. Pembengkakan dan masalah metabolisme yang disebabkan oleh ketidakatifan dalam waktu panjang juga menjadi sumber permasalahan.

Antara solusi yang dicadangkan bagi mereka yang terpaksa bekerja di depan komputer sepanjang hari, “Anda harus bangun setiap 20 minit dan berjalan kaki sejenak. Pergerakan itu akan mengurangkan masalah-masalah yang timbul daripada duduk yang lama dan mungkin akan meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama”

Yak, itu memang cukup sulit untuk mengelak daripada menghadap komputer/laptop. Malah ada juga yang berbelas jam duduk lengket sambil menatap indahnya komputer. Sungguh mengharukan (˘̩̩̩.˘̩̩̩ƪ) . Apa ada solusinya dem? | Ya ! semoga aja, semoga atas solusi yang akan saya berikan berikut ini berguna bagi seluruh dunia \(˘▽˘)/ .

1. Minum Air Yang Banyak

Anda bisa lakukan ini bila ingin selamat. Jika di kantor ada galon, anda bisa melakukannya seperti gambar di atas jika anda memang professional dalam hal minum. Di sini saya sarankan air putih atau air mineral, karena dengan banyak minum air putih kita bisa terhindar dari dehidrasi, haus, penyakit ginjal dan lain-lain. Hampir seluruh tubuh kita terdiri dari air, isi cairan tubuhmu sering-sering dan akan terjadi sesuatu yang namanya Kebelet Pipis !

Dan itu bisa membuat anda mempunyai gairah untuk bangkit dari kursi yang nyaman dan pergi ke Toilet. Apalagi kalo toiletnya jauh, anda juga bisa lari sprint menuju toilet demi membuang air seni. Itu membuat anda sehat bagi yang kurang berolahraga. Jika anda sering berolahraga, anda akan semakin berotot ! Sehabis dari toilet ulangilah lagi, jika galonnya habis, beli di warung, jika di warung habis, ambil di kamar mandi, jika di kamar mandi habis, kenapa harus habis? . Cara ini telah terbukti dan di sering di gunakan oleh  Demas Janitra

2. Sebarin Benda di Kursi Anda / Memakai Kursi Rusak

Lu bisa sebarin paku, kerikil, Boneka Barbie atau benda lain yang bisa merusak kenyamanan anda ketika duduk. Sehingga anda akan rada males duduk. Dan saya mulai yakin kalau anda akan menyingkirkannya dari tempat duduk anda. Jadi pilihlah tempat duduk yang kurang nyaman atau yang hampir patah. Dan itu bisa melatih ketenangan diri anda. Jika anda terlalu semangat, maka kursi itu akan rusak !

Jika anda tidak berani jatuh, maka solusi saya “berdiri aja !”. Jika tempatnya lesehan, gunakan cara no.1 atau no.3

3. Alarm

Alarm ! Jam Alarm bisa berguna untuk anda selain pembangkit anda dari tidur nyenyak ! Tinggal set waktunya, taruh di tempat yang agak jauh atau secara acak sehingga membuat anda lupa dimana tempat alarm berada. Dan ketika tiba waktunya, akan terdengan “kriing ..” yang terus berbunyi yang membuat anda kesal dan bangkit dari kursi yang nyaman dan mencari alarm tersebut. Jika anda sedang marah mungkin alarm tadi anda banting. Jika masih mau main lagi sama alarm tadi, anda akan mulai men set waktunya lagi dan mulai main. Jangan di set watkunya lebih dari 5 jam. Cara ini tak efektif bila di praktekkan di Warnet.

Tambahan

Ini tidak di saya golongkan pada no.4 karena cara ini kurang di rekomendasi. Mau tau caranya? Cara ini dapat di gunakan ketika suasana yang ada orang di sekitar kita, seperti sedang praktek di lab komputer atau kerja di kantor/meeting. Siapkan benda apapun (jangan terlalu tajam seperti pisau, shuriken,etc) yang ingin anda lemparkan ke target. Yaa, contohnya mouse. Lemparkan ke rekan kerja (target) anda sampai si rekan emosi dan memukuli anda hingga anda terlempar dan lepas dari kursi yang nyaman idaman anda. Saran saya, jangan lemparkan HP, nomer gebetan anda, emas batangan atau Dompet. Rekan kerja anda akan bahagia bila anda lemparkan benda itu. Kejadian ini juga akan terjadi bila anda paling berisik ketika semua orang di sekitar anda sedang serius mengerjakan sesuatu.

Inilah sedikit tips trik dari Demas Janitra. Jika ada pendapat lain  komen aja ya .. 😀

Advertisements
Leave a comment

1 Comment

  1. Bahaya Menghadap ke Komputer Selama 5 Jam | bolahape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: